RPP Bahasa Inggris Pertemuan 6, 7 dan 8





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah               : SMP NEGERI 3 LHOONG
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : IX (Sembilan) / 1
Aspek/Skill                    : Mendengarkan
Pertemuan ke               : 6, 7 dan 8
Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit

1.      Standar Kompetensi         
2.   Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

2.      Kompetensi Dasar            
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara  akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

3.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
a.          Merespon makna teks lisan fungsional pendek  berbentuk pengumuman
b.         Merespon makna teks lisan fungsional pendek  berbentuk surat pendek
c.          Merespon makna teks lisan fungsional pendek berbentuk iklan
d.         Merespon makna teks lisan fungsional pendek berbentuk pesan singkat

4.      Materi pembelajaran
1.      Teks fungsional pendek berupa:
a.       Pengumuman
b.      Surat pendek
c.       Iklan
d.      Pesan singkat
2.      Vocabulary yang terkait dengan  tema, misalnya  house, lunch, sunday, dan sebagainya.
3.      Verbs yang terkait dengantema,misalnya come, go,  dan sebagainya.
4.      Ungkapan baku, misalnya would you, want to, thanks,  dan sebagainya.

5.      Metode Pembelajaran / teknik:
a.       Pre, while, post listening
b.      Diskusi
c.       Tanya jawab
d.      Latihan







6.      Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran:
1.      Pertemuan pertama
Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa/ Guru
Alokasi
Waktu




Pendahuluan
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·      Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·      Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD




10
Menit





Kegiatan Inti



·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa pengumuman (Eksplorasi)
·      Mendiskusikan kosakata, tata bahasa, makna dan fungsi teks  pengumuman (Eksplorasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang diajukan guru secara lisan (Elaborasi)
·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa pengumuman yang lainnya (Elaborasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang didengar secara tertulis (Elaborasi)
·      Mendiskusikan jawaban yang benar (Konfirmasi)




60
Menit


Kegiatan Akhir
·       Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi yang telah diajarkan
·       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


10
Menit







2.      Pertemuan ke dua
Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa/ Guru
Alokasi
Waktu




Pendahuluan
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·      Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·      Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD




10
Menit





Kegiatan Inti



·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa surat pendek (Eksplorasi)
·      Mendiskusikan kosakata, tata bahasa, makna dan fungsi teks  surat pendek (Eksplorasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang diajukan guru secara lisan (Elaborasi)
·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa surat pendek yang lainnya (Elaborasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang didengar secara tertulis (Elaborasi)
·      Mendiskusikan jawaban yang benar (Konfirmasi)




60
Menit


Kegiatan Akhir
·       Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi yang telah diajarkan
·       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


10
Menit








3.      Pertemuan ke tiga
Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa/ Guru
Alokasi
Waktu




Pendahuluan
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·      Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·      Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD




10
Menit





Kegiatan Inti



·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa iklan (Eksplorasi)
·      Mendiskusikan kosakata, tata bahasa, makna dan fungsi iklan (Eksplorasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang diajukan guru secara lisan (Elaborasi)
·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa iklan yang lainnya (Elaborasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang didengar secara tertulis (Elaborasi)
·      Mendiskusikan jawaban yang benar (Konfirmasi)




60
Menit


Kegiatan Akhir
·       Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi yang telah diajarkan
·       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


10
Menit








4.      Pertemuan ke empat
Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa/ Guru
Alokasi
Waktu




Pendahuluan
·      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
·      Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
·  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
·       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD




10
Menit





Kegiatan Inti



·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa pesan singkat (Eksplorasi)
·      Mendiskusikan kosakata, tata bahasa, makna dan fungsi teks  pesan singkat (Eksplorasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang diajukan guru secara lisan(Elaborasi)
·      Mendengarkan teks fungsional pendek berupa pesan singkat yang lainnya(Elaborasi)
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang didengar secara tertulis(Elaborasi)
·      Mendiskusikan jawaban yang benar(Konfirmasi)




60
Menit


Kegiatan Akhir
·       Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
·       Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi yang telah diajarkan
·       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


10
Menit
                      
                      
7.      Sumber dan Media belajar:
a.       Buku teks yang relevan
b.      Handphone
c.       Handout


8.      Penilaian
a.       Guru melakukan penilaian dengan ketentuan sebagai berikut:
Indikator Pencapaian
Penilaian
Teknik
Bentuk
Contoh instrumen
Indikator :                          
a.       Merespon makna teks lisan fungsional pendek berbentuk pengumuman
b.      Merespon makna teks lisan fungsional  pendek berbentuk surat pendek
c.       Merespon makna teks lisan fungsional pendek berbentuk iklan.
d.    Merespon makna teks lisan fungsional pendek berbentuk pesan singkat.

Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis

Essay


Completion


Multiple choice


True / false

Lihat contoh

b.      Instrumen penilaian:
·         Listening test
·         SMP Negeri 3 Lhoong
·         Class IX ( Sembilan ) / I
·         SK no. 2  KD 2.1

Transactional and interpersonal text
Instructions:

I.    Answer the following questions based on the announcement you heard.
1.      What is the announcement about?
2.      Who is Mr. Roger?
3.      Did Mr. Roger give the students an assignment?
4.      What should the students do?
5.      When will the students collect the exercise?

Pengumuman yang dibacakan guru:
Attention please,
Mr Roger is absent today. So, cannot teach you biology. However, he gives you an assignment to do the exercise on page 102. I will be back five minutes before the class over to collect your work. I will give them tomorrow. Remember, don’t make noises.
Thank you.




                    i.              Complete the letter below with the words you have heard
          Dear Smart Bulletin,
          I have been (1...) your bulletin since a year ago. Through this letter, I would like to (2)... you that I found troubles to (3)... your bulletin (4) easily... and regularly. I (5)... get it from my friend in Jakarta. I want to get it not from Jakarta but from my city, Medan.
          Besides, I would like to (6)... you a suggestion. You had better publish articles about science, too. I (7)..., many students are interested in science (8)... very much.
          To (9)... the truth, I would like to get your bulletin regularly and easily. But how? (10) ...

Devi

Jawaban dari soal yang rumpang di atas:
1.      Reading
2.      Inform
3.      get
4.      easily
5.      often
6.      give
7.      think
8.      articles
9.      tell
10.  thanks.
                          ii.      Choose the correct answer based on the advertisement you heard.
      1.   What items are sold with a 20% discount?
            a.  Household Appliances        b. Stationery    c. All items      d. Fashion
      2.   The price of a skirt is Rp 50.000,-. How much should a customer pay during the       discount       period?
            a.  Rp 25.000, -                    b. Rp 35.000, -    c. Rp 40.000, -          d. Rp 50.000,-
      3.   How long does the offer last?
            a.  One day             b. One week         c. One month           d. One year
      4.   The following items are available in the store, EXCEPT...........
            a.  t-shirts             b. markers                c. newspapers        d. refrigerators
      5.   What is the purpose of the text?
            a.  to let the readers know about the discount
            b.  to persuade the readers to come to the store and buy the items
            c.  to thank the customers for their loyalty
            d.  to make the readers happy

                        iii.    Listen to the short message, state whether the statements below are true (T) or false (F).
1.      _______        The sender of the message is Sania.
2.    _______         Sanai should order bagels every Monday morning and place them in
                      the refrigerator.
3.      _______      The bagels should be put in the refrigerator less than one night.
4.      _______      All pastries have to be replace every Wednesday.
5.      _______      All pastries should be wrapped for over day storage. 

Pesan singkat yang dibacakan guru:
Sania, This is Tiara
Order bagels every Monday morning and place in the refrigerator overnight to ensure freshness. Replace all other pastries every Wednesday. All patries should be wrapped for overnight storage.
Salma


        c.  Rubrik penilaian
No.
Uraian
Skor
I

Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0
II, III dan IV
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak menjawab
1
0

2.      Pedoman Penilaian:
1.      Untuk nomor I, tiap jawaban benar diberi skor 3
2.      Untuk nomor II, III dan IV tiap jawaban benar diberi skor 1
3.      Jumlah skor maksimal    nomor I                           :  5 x 3   =   5
                                nomor II, III dan IV         :  20 x 1 = 20+
                                      Jumlah   .............................................. 35
4.      Nilai maksimal 100          
Text Box: Skor perolehan
Skor Maksimal
 


5.    Nilai siswa       =                                  x      100

Misal :
Si Rahmad mendapat nilai perolehan :   23
                                         
  Maka nilainya         =              x    100    =    72
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Glee Bruek, 22 Agustus 2016
Mahasiswa



IRWANUDDIN. S.Ag
NIP : 19660606 200604 1 031



M ZIKRULLAH
NIM : 231324201


Previous
Next Post »
Thanks for your comment