CONTOH ESSAY TENTANG KEPEMUDAAN


PEMUDA SEBAGAI AGENT OF CHANGE


Pemuda adalah bagian dari buket sebuah masyarakat, namun peran mereka lebih penting daripada yang lain. Mereka adalah bagian integral dan esensial dari sebuah masyarakat. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Pemuda hari ini adalah kekuatan, harapan dan pemimpin masa depan, karena mereka adalah masa depan masyarakat, bangsa dan negara. Pemuda adalah kekuatan pendorong perubahan dan dapat mendorong pemerintah untuk menyatakan prioritas mereka. Pemuda memiliki tanggung jawab penting terhadap negara mereka. Penting untuk belajar dari masa lalu dan hidup dengan harapan untuk masa depan yang lebih baik, masa depan yang sesuai untuk anak-anak kita dan generasi masa depan.

Generasi masa depan memiliki kewajiban untuk jujur, tulus, menghargai nilai dan bekerja siang malam demi kemajuan masyarakat dan negara. Pemuda memiliki kewajiban untuk menggunakan keterampilan, kekuatan, kreativitas dan imajinasi mereka untuk melayani negara dan bangsa dengan cara terbaik. Pemuda yang bisa membuat perbedaan, karena mereka adalah tulang punggung sebuah bangsa dan bisa membangun masa depan yang cerah bagi masyarakat berdasarkan nilai dan perilaku berani. Kemudian pemuda harus fokus pada studi mereka, karena pendidikan adalah alat terbaik untuk sukses di masa depan negara. Mereka harus mencurahkan cukup waktu untuk studi mereka. Pendidikan jasmani dan olahraga juga penting, pemuda harus bermain secara teratur, karena kesehatan juga penting untuk kemajuan. Jika pemuda sehat, mereka bisa melakukan lebih banyak pekerjaan untuk negara tentunya.

Waktunya sangat berharga dan pemborosannya merupakan kerugian besar bagi masa depan, oleh karena itu, pemuda harus melakukan segalanya untuk memanfaatkan waktu mereka yang berharga dengan bijak. Seringkali kita melihat para pemuda membuang waktu mereka untuk sesuatu yang tidak berguna; Mereka keluar untuk waktu yang lama dan tidak tau apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pemuda saat ini adalah satu-satunya harapan di masa depan, dan memiliki kewajiban untuk memahami kepentingan dan pekerjaan mereka sesuai dengan kebutuhan waktu. Pemuda kita tidak kalah dari para pemuda dari negara lain dan sangat mampu dan memiliki berbagai kesempatan. Mereka memiliki keterampilan, perilaku, sikap, kesehatan, pengetahuan dan kemampuan untuk membuat masa depan negara sangat bersinar. Saya percaya bahwa kehidupan, kesuksesan bangsa-bangsa dan masa depan yang cerah terletak di tangan generasi muda saat ini. Dan jika pemuda saat ini memiliki nilai kuat, pendidikan terbaik, kesehatan yang baik, prioritas yang tepat dan ketulusan penuh, maka itu sudah cukup untuk menunjang kemajuan bangsa dan negara.

Pemuda merupakan harapan untuk menegakkan, meneruskan, dan mengingat tradisi dan cara masa lalu, namun, pengharapan juga dibebankan kepada para pemuda untuk belajar, mengadopsi, dan merangkul jalan masa depan. Hal ini secara efektif membuat pemuda memiliki hubungan antara cara-cara masa lalu dan masa depan. Dalam konteks Kekuatan, harapan, impian, dan kemauan kuat untuk kehidupan yang lebih baik, mereka bisa memberi gambaran singkat tentang apa yang bisa dilihat seorang pemuda di masa depan. Mereka merindukan kesuksesan hidup dan berjuang demi mendapatkan itu semua. Dalam konteks lainnya, pemuda akan lebih bersifat kreatif untuk melakukan pergerakan ketika kondisi atau suasana di sekitarnya mengalami kerumitan, terdapat banyak masalah yang di hadapi yang tidak kunjung terselesaikan. Di satu sisi, ketika suasana di sekitarnya terlihat aman dan tentram tidak ada masalah serius yang dihadapi, pemuda akan cenderung diam/pasif, tidak banyak berbuat, lebih apatis  dan mempertahankan kenyamanan yang dirasakan. Padahal baik dalam kondisi banyak permasalahan ataupun kondisi tanpa masalah serius, pemuda dituntut lebih banyak bergerak dalam membuat perubahan yang lebih baik, lebih produktif dan lebih kreatif dalam memikirkan ide-ide perubahan untuk bangsa yang lebih baik.

Kemudan Sebagai agen perubahan tentunya tindakan pemuda diwujudkan dengan mengembangkan personal diri dari segala jenis aspek yang dapat menunjang kreatifitas pemuda. Pendidikan, baik itu pendidikan politik  atau pun  pendidikan demokratisasi, dan tidak lupa juga mengembangkan beberapa aspek seperti, sumberdaya ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, olahraga, seni dan budaya, pendidikan kewirausahaan, kepedulian terhadap masyarakat. kepedulian terhadap lingkungan hidup, serta kepemimpinan dan kepeloporan pemuda. Disini pemuda mempunyai peranan yang sangat penting dalam perubahan bangsa. Dalam sejarah pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, pemuda selalu mempunyai peran yang sangat strategis di setiap peristiwa penting yang terjadi. Ketika memperebutkan kemerdekaan dari penjajah belanda dan jepang kala itu, ketika menjatuhkan rezim Soekarno (orde lama), hingga kembali menjatuhkan rezim Soeharto (orde baru), pemuda menjadi tulang punggung bagi setiap pergerakan perubahan ketika masa tersebut tidak sesuai dengan keinginan rakyat. Bahkan salah satu peranan penting pemuda ini telah tercatat dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober tahun 1928 yang di pelopori oleh para pemuda yang kini telah dikenang sebagai Hari Sumpah Pemuda ;

 “ Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Ini dapat dikatakan sebagai awal dari perubahan bangsa yang melibatkan para pemuda Indonesia. Fakta historis ini menjadi salah satu bukti bahwa pemuda selama ini mampu berperan aktif sebagai pionir dalam proses perjuangan, pembaharuan, pergerakan dan pembangunan bangsa. Dalam sejarah perubahan, pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, pemuda selalu mempunyai peran yang sangat strategis di setiap peristiwa penting yang terjadi. Ketika memperebutkan kemerdekaan dari penjajah belanda dan jepang pada masa itu, pemuda menjadi tulang punggung bagi setiap pergerakan perubahan ketika masa tersebut tidak sesuai dengan keinginan rakyat. Pemuda akan selalu menjadi “orang yang membuat sejarah” di setiap waktunya. Pemuda memang mempunyai posisi strategis dan istimewa. Saya melihat bahwa pemuda akan lebih bersifat kreatif untuk melakukan pergerakan ketika kondisi atau suasana di sekitarnya mengalami kerumitan, terdapat banyak masalah yang di hadapi yang tidak kunjung terselesaikan. Di satu sisi, ketika suasana di sekitarnya terlihat aman dan tentram tidak ada masalah serius yang dihadapi, pemuda akan cenderung diam/pasif, tidak banyak berbuat, lebih apatis dan mempertahankan kenyamanan yang dirasakan. Padahal baik dalam kondisi banyak permasalahan ataupun kondisi tanpa masalah serius, pemuda dituntut lebih banyak bergerak dalam membuat perubahan yang lebih baik, lebih produktif dan lebih kreatif dalam memikirkan ide-ide perubahan untuk bangsa yang lebih baik.

Kemudian ketika kita melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, jangan kan menjadi motivator sebagai penggerak perubahan malahan pemuda sekarang ini mengalami degradasi moral, terlena dengan kesenangan dan lupa akan tanggung jawab sebagai seorang pemuda. Tindakan moral dan etika  pemuda tidak lagi memberi contoh dan keteladanan baik kepada masyarakat sebagai kaum terpelajar, lebih banyak yang berorientasi pada hedonisme (berhura-hura), tidak banyak pemuda yang peka terhadap kondisi sosial masyarakat saat ini, dalam urusan akademik pun banyak mahasiswa tidak menyadari bahwa sesungguhnya mereka adalah insan akademis yang dapat memberikan pengaruh besar dalam perubahan menuju kemajuan bangsa, terlebih dari itu banyak permasalahan - permasalahan yang ditimbukan pemuda, mulai dari masalah pengangguran, krisis eksistensi, krisis mental hingga masalah dekadensi moral.

Adapun masalah lain yang turut menjadi pemicu terancamnya posisi pemuda adalah lemahnya pengawasan orang tua, keluarga, serta orang terdekat termasuk pula lemahnya pemahaman pemuda terhadap agama, melanggar tatanan hukum yang berlaku, dan lain sebagainya. Hal ini mengakibatkan banyak pemuda yang terjerumus dalam pusaran pergaulan yang mengantarkan pemuda pada titik kehancuran. generai muda itu adalah tiang-tiang yang memperkuat suatu bangunan, apalah arti sebuah bangunan yang kokoh? Itu semua akan roboh, tanpa ada tiang maka bangunan itu tidak akan jadi. Generasi muda pun seperti itu, generasi muda adalah generasi penerus cita-cita bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Karena itu, pembinaan dan pengembangan generasi muda menuntut partisipasi dan tanggung jawab dari semua pihak, dan perlu ditingkatkan kebijaksanaan pembangunan nasional tentang kepemudaan yang menyeluruh dan terpadu.

Hal ini menjadi tugas bersama berbagai elemen guna menyelamatkan pemuda, sekaligus menyelamatkan bangsa dari krisis kepemudaan yang berprestasi.Seperangkat aturan saja tidaklah cukup untuk melindungi pemuda dari berbagai kemungkinan terburuk, tanpa didukung oleh peran pemerintah, masyarakat, dan lain sebagainya. Untuk itu harus dicari solusi agar proses pengembangan potensi pemuda bukan hanya terbentuk dalam rencana semata, melainkan direalisai melalui mekanisme yang sudah diatur sedemikian rupa. Salah satunya adalah organisai yang memang merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki pemuda, sebab organisasi merupakan sarana paling efektif untuk menginisiasi dan melakukan perubahan tersebut. Sebagai generasi muda harusnya kita mampu untuk dapat meningkatkan pembangunan bangsa. baik buruknya suatu Negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan Negara.  Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global. Pemuda juga perlu memperhatikan bahwa mereka mempunyai fungsi sebagai Agent of change, moral force and social control sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat. Generasi pemuda adalah kunci dari kemajuan bangsa. Yang artinya sebagai orang yang akan meneruskan suatu bangsa, seharusnya generasi muda dapat menyadari bahwa merekalah bagian penerus pembangunan bangsa yang semestinya membangun bangsa ini jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

 Namun saat ini, sulit untuk tinggal di negara kita dikarenakan para pemuda menghadapi banyak kesulitan. Beberapa masalah terbesar adalah pengangguran dan kekurangan uang. Banyak pria dan wanita muda belajar dan mencoba mencari pekerjaan pada saat bersamaan, tapi tidak begitu mudah. Kemudian ditambah lagi dengan Penyalahgunaan obat dan alkohol. Ini juga merupakan masalah yang sangat penting. Hal ini melibatkan pemuda dalam situasi genting dan bagaimana tarifnya pada periode kehidupan mereka. Ini tentunya akan mempengaruhi hasil masa depan dan juga kelangsungan tradisi masa lalu. Seberapa baik setiap pemuda menahan "serangan" ini bergantung pada banyak faktor, seperti keluarga, budaya, pendidikan, dan banyak hal lainnya.

Keluarga adalah salah satu faktor terpenting yang dapat memberi kontribusi pada kehidupan seorang pemuda, dan pandangan mereka terhadap masa lalu dan masa depan, karena keluarga (dalam banyak kasus) akan berada di sana saat seseorang dilahirkan. Keluarga memiliki banyak waktu dan kesempatan paling besar untuk mempengaruhi pikiran atau orang dan juga keluarga adalah faktor pertama untuk mendidik seseorang tentang budaya dan hal lainnya. Seperti yang dapat Anda lihat, faktor-faktor lain yang tercantum seperti pendidikan dan budaya terhubung dengan keluarga, yang membuat keluarga memiliki pengaruh yang kuat dalam bagaimana pemuda akan berpikir, apa yang akan dilakukan pemuda dan jika atau tidak generasi muda dapat berhasil maju ke masa depan sambil melestarikan hal-hal dari masa lalu.

Budaya berasal dari keluarga dan juga berpengaruh kuat pada semua orang, termasuk pemuda tentunya. Pandangan budaya bisa mempengaruhi apakah seseorang peduli dengan masa lalu atau tidak. Misalnya, banyak orang Indo-Kanada di daerah setempat mengenakan pakaian tradisional, tapi orang China dan kulit putih di daerah itu tidak. Budaya juga mempengaruhi apa yang dipikirkan seseorang terhadap orang lain, sebuah prinsip yang mudah digambarkan oleh banyak konflik di dunia saat ini karena perbedaan budaya. Budaya juga mempengaruhi bagaimana seseorang memandang keluarganya dan jenis pendidikan yang bisa dia dapatkan.

Tingkat pendidikan merupakan faktor lain yang mempengaruhi pandangan pemuda masa kini. Karena pendidikan selalu agak bias, tergantung dari mana seseorang dididik dan siapa yang melakukan pendidikan, pendidikan bisa mengarahkan pikiran orang, terutama kaum muda, menuju arah tertentu. Beberapa orang mungkin tergoda untuk mengubah pandangan mereka karena hal-hal baru dipelajari atau pengetahuan mungkin memperkuat keyakinan mereka. Faktor ini, bersama dengan keluarga, budaya dan hal-hal lain menentukan jenis orang muda mana yang akan tumbuh dan bagaimana dia akan menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan.

Keluarga, budaya, dan pendidikan sama sekali bukan satu-satunya hal yang dapat mempengaruhi kemampuan dan kemauan remaja untuk maju dan melestarikan. Semua faktor tersebut saling terkait dan bergantung pada faktor lain, dan sistem menjadi rumit yang kita ketahui sebagai dunia kita, dan bagaimana pemuda dipengaruhi oleh dunia sekarang akan menentukan bagaimana mereka akan mempengaruhi dunia saat mereka mulai berkuasa. Orang harus melakukan yang terbaik untuk membantu para pemuda untuk menemukan arah yang benar sehingga mereka dapat secara positif melayani tujuan mereka sebagai penghubung antara masa lalu dan masa depan.

“Youth are a bridge between the past and the future. Whether that bridge is a shaky one or a firm one depends upon the raw materials from which it is built: family, culture, education, relative prosperity, and chance.”

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Ikhda Fahma
admin
May 4, 2020 at 12:17 AM ×

IoI , :-bd , walau ada beberapa kata yang perlu dikoreksi namun sip siip.... sangat bagus dan sangat dapat membantu untuk kembalikan semangat saya, terimakasih.

Congrats bro Ikhda Fahma you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment