CONTOH PROPOSAL PENGAJUAN DANA UNTUK KEGIATAN MAHASISWA




PROPOSAL KEGIATAN MAHASISWA

PENGAJUAN DANA DELEGASI DALAM KEGIATAN ALIANCE YOUTH LEADER (AYL) 2016



 


























DELEGASI

M ZIKRULLAH ( 231324201 )












JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (PBI )

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN ( FITK )

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR RANIRY
BANDA ACEH 2016








KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang atas nikmatNya proposal ini dapat diselesaikan. Shalawat serta salam semoga tercurah pada junjungan kami Nabi Muhammad SAW.

Mahasiswa dengan segala kelebihan yang dianugerahkan Tuhan merupakan pembeda antara generasi mereka dengan generasi di bawah maupun di atasnya.Akan tetapi hal ini belum sepenuhnya disadari mahasiswa.Peran potensial mereka belum dimainkan secara optimal dalam pembangunan negara. Kegiatan seperti Aliance Youth Leader (AYL) 2016 ini diharapkan menjadi gerbang untuk membangun semangat mahasiswa.

Proposal ini merupakan bagian dari usaha kami untuk mengajukan bantuan ke jajaran Universitas, agar kiranya dapat mendukung keikutsertaan mahasiswa dalam ajang Aliance Youth Leader (AYL) 2016 di Medan.

Terakhir, kami mohon maaf jika dalam penyusunan proposal ini terdapat kesalahan. Semoga proposal ini dapat memberikan informasi yang berguna.


Banda Aceh,  25 Oktober 2016




Penulis










BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Dalam torehan sejarah dunia membuktikan bahwa kebangkitan sebuah bangsa tidak lepas dari keikut sertaan para pemuda untuk membangun bangsanya. Begitu pula di Indonesia, Sejarah mencatat bahwa pemuda berperan penting membawa perubahan. Pemuda menjadi salah satu peran sentral dalam masa terbentuknya indonesia dan masa kemerdekaan indonesia, Pemuda menjadi pilar yang membawa indonesia menjadi seperti ini. Goresan sejarah ini menunjukan bahwa peran pemuda sangat besar dalam menjemput kesuksesan sebuah bangsa di masa sekarang dan di masa yang akan datang.
Indonesia sedang merasakan Bonus Demografi, dimana pada tahun 2025 – 2030 akan menjadi puncaknya. Bonus Demografi adalah sebuah peristiwa langkah dalam dunia kependudukan, di mana penduduk usia produktif memiliki rasio lebih banyak di bandingkan penduduk usia non-produktif. Beberapa negara telah membuktikan bahwa jika kita dapat memanfaatkan bonus demografi ini, maka akan menjadi salah satu loncatan besar untuk menjadi bangsa yang besar. Namun satu hal yang harus kita ingat bahwa bonus demografi dapat di maksimalkan jika para penduduk usia produktif atau pemudanya memiliki kapasitas individu yang baik.
Alliance Youth Leader (AYL) 2016 merupakan satu langkah kecil APP untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki kapasitas intelektual dan moral yang baik. Di sini mereka akan mendapatkan banyak pelatihan pembangkan potensi dirinya, serta belajar dari para inspirator negeri berkontribusi kepada bangsa melalui bakat yang di miliki.
Alliance Youth Leader adalah sebuah pelatihan kepemudaan yang diselenggarakan oleh Aliansi Pemuda Peduli, dimana delegasi bukan hanya mendapatkan pelatihan kepemudaan, namun penghargaan bagi proyek-proyek sosial yang sedang di jalankan, menjadi ajang kolaborasi untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka dan saling berdiskusi untuk menciptakan aksi bersama dalam upaya berkontribusi nyata membangun bangsa.
Dalam acara ini akan dipilih sebanyak 60 delegasi terbaik dari seluruh Indonesia untuk berkesempatan mendapatkan pengalaman pelatihan, mentorship dan kolaborasi luar biasa antar delegasi serta antar komunitas-komunitas hebat di Kota Medan untuk mendukung mimpi-mimpi besar mereka.
B.      Tujuan

Adapun tujuan yang diharapkan dari Alliance Youth Leader adalah:

·         Meningkatkan pemahaman akan pentingnya arti kompetensi diri bagi generasi muda yang berbasis pada soft skill (7 pilar dasar kepemimpinan & 7 pilar karakter)  dan hard skill (teknologi dan profesionalisme).
·         Pembinaan pemuda dan mahasiswa untuk diarahkan kepada gagasan jiwa mandiri (entrepreneurship) dan collective leadership
·         Menyatukan dan mengoptimalkan berbagai potensi pemuda dan mahasiswa dalam forum silaturahim dengan berbagai latar belakang.
·         Memupuk rasa solidaritas sosial untuk saling menguatkan antar sesama saudara sebangsa dan setanah air.
·         Mempersiapkan bekal kemampuan generasi muda sebelum terjun kemasyarakat untuk menjalankan projek-projek kontibutif mereka untuk bangsa.
·         Mengajak para delegasi dari berbagai latar belakang beserta para LSM, Komunitas dan aktivis sosial sumatera utara agar saling menginspirasi dan berkolaborasi untuk menghasilkan satu aksi bersama dalam upaya berkontribusi untuk bangsa.
·         Ajang penghargaan bagi generasi muda yang telah memberikan kontribusinya nyata pada bangsa dan telah dirasakan dampak oleh masyarakat.
·         Memperkenalkan budaya & pariwisata sumatera utara kepada seluruh penduduk indonesia dan dunia.


C.    Hasil yang diharapkan
1.      Bagi Mahasiswa
a.      Menguatkan jiwa kepemimpinan dan kepemudaan
Program ini mempertemukan pemuda lintas Provinsi dengan tingkat diversitas yang tinggi. Di tengah kondisi ini pemuda akan belajar menghargai perbedaan sehingga dapat dengan cepat beradaptasi, fleksibel, dan dinamis dengan memegang teguh karakter sebagai seorang pemimpin dan pemuda yang bijaksana dan penuh perhitungan dalam bertindak.

b.      Memperluas Wawasan dan Menambah Pengetahuan
Program Alliance Youth Leader (AYL) 2016 akan menambah pengetahuan dan wawasan berkaitan dengan permaslahan-permasalahan baik sosoial, budaya, ekonomi dan lingkungan masyarakat daerah Indonesia. Pengetahuan yang ditransfer oleh para pakar maupun pemuda dari peserta lain dengan kapasitas keilmuwan yang memadai melalui program kerja yang dilakuka kegiatan diskusi akan memberi masukan yang positif dan signifikan dalam upaya pengembangan diri mahasiswa agar menjadi manusia Indonesia yang kompeten, kritis, profesional, berkarakter, dan berdaya saing.
c.        Memperluas Jaringan
Melalui kegiatan ini, mahasiswa sebagai generasi muda Indonesia dapat memperluas jaringan yang akan sangat berguna untuk kegiatan jangka panjang dan jangka pendek selanjutnya.

2.      Bagi Masyarakat dan Komunitas
Peserta yang terpilih berpartisipasi dalam Program Alliance Youth Leader (AYL) 2016 aktif dalam kegiatan masyarakat dan organisasi. Alliance Youth Leader (AYL) 2016 akan menikuti pelatihan kepemudaan yang mana pelatihan berupa mentorship dan kolaborasi luar biasa antar delegasi serta antar komunitas-komunitas hebat di Kota Medan untuk

3.      Bagi Universitas
a.      Capaian baik universitas
Keikutsertaan mahasiswa dalam program ini akan menambah catatan prestasi universitas yang nantinya akan menjadi motivasi bagi pencapaian yang lebih besar lagi sehingga menjadi universitas yang patut untuk diperhitungkan.
  1. Membawa iklim kondusif bagi suasana akademis di kalangan mahasiswa
Selama program ini, mahasiswa secara aktif terlibat dalam diskusi, pemecahan masalah dengan pendekatan-pendekatan sesuai bidang ilmu masing-masing. Sehingga Kegiatan ini mengharuskan mahasiswa untuk berpikir kritis, menganalisa, dan mengamati berbagai fenomena yang ditemui untuk nantinya diambil poin-poin yang dianggap potensial untuk dikembangkan dan diaplikasikan di lingkungan masyarakat kampus. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengembangkan budaya akademis sebagai intelektual muda

BAB II
DESKRIPSI KEGIATAN

A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan
Alliance Youth Leader (AYL) adalah Sebuah kolaborasi pelatihan kepemudaan, mentorship dan ajang penghargaan bagi generasi muda indonesia yang telah berkontribusi nyata membangun bangsa.
·         Tema
 “Kontribusi Nyata Membangun Bangsa”
·         Tempat
Medan, kantor BP-PAUDNI*
·         Waktu
1013November 2016
·         Peserta
60 delegasi dari seluruh indonesia yang dipilih dari hasil seleksi.

B.     Program Kegiatan
AYL 2016 ini akan berlangsung selama 4 hari dengan serangkaian kegiatan yang terdiri dari pembekalan berupa Training class, workshop, talkshow,Community Meeting Colaboration dan Edu-field trip. Berikut kegiatan yang akan dilaksanakan selama acara berlangsung:
1.      Session Curriculum APP
Merupakan sesi dimana para delegasi  akan mendapatkan materi kurikulum APP. Kurikulum ini memiliki tujuan agar delegasi dapat lebih mengenal tentang mimpi mereka dan dapat menemukan jalan yang tepat untuk menghujudkan mimpi mereka.
2.      National Figures Talkshow
Merupakan sesi demana para delegasi  akan mendapatkan inspirasi dari para tokoh-tokoh nasional yang telah menjadi inspirator dalam kontribusinya membangun bangsa.



3.      Creative Writing Workshop
Sesi ini adalah pelatihan kepenulisan yang di bawakan oleh penulis  nasional. Hal ini di rasa penting oleh kami agar kelak semangkin  banyak karya tulis anak muda yang terbit.
4.      Personality &Communication Trainning Class
Ini adalah  sesi pelatihan komunikasi dan keperibadian yang bertujuan  agar para delegasi menjadi sosok leader masa depan yang mampu berkomunkasi dengan baik serta memiliki kepribadian yang baik dan moralitas tinggi.
5.      APP Konspirasi ( Kongkow Berinspirasi) with Young figures in the Medan city
ini adalah sesi di mana delegasi akan bertemu rama dengan para toko muda kota medan yang aktif dalam gerakan perubahan baik secara pribadi maupun melalui komunitas yang di ikut mereka.
6.      Medan Heritage Games
Pada sisi ini para delegasi akan mengikuti games di mana mereka akan berpetualang ke ikon-ikon nya kota Medan untuk menyelesaikan sebuah misi bersama komunitas-komunitas kota Medan.
7.      Collaborative Meetings With The Community Medan
Ini adalah sesi meeting para delegasi AYL bersama komunitas Kota Medan dan bertujuan untuk menghasilkan satu proyek sosial bersama.
8.      Leader Forum Discussion
Pada sesi ini akan di buat sebuah forum-forum kecil yang akan membahas beberapa isu-isu soal yang terjadi di indonesia dan setiap delagasi harus berperan aktif dalam mendapatkan solusi mengatasi permasalahn tersebut.
9.      Project Coaching &Presentation
Pada sesi ini setiap delegasi akan mempresentasikan project sosial yang akan di buat mereka atau sedang di jalankan mereka di depan para mentor. Mentor ini akan membantu member arah agar project tersebut dapat berjalan dengan baik, para mentor juga akan memberikan penilain project yang terbaik
10.  Sosialpreneur Training Class
Sesi ini akan mengajarkan para delgasi bagaimana menjadi wirausaha di bidang sosial atau sosialpreneur.
11.  Panggung Nusantara
Sesi ini delegasi akan mempertunjukan budaya daerah masing-masing.

C.     Berikut profil singkat mahasiswa:

M Zikrullah, kini tercatat sebagai mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar Raniry. Mereka berharap dan optimis keikutsertaannya dalam Alliance Youth Leader (AYL) 2016 dapat memperkaya paradigma berfikir kritis sebagai titik balik membangun diri, daerah, dan Indonesia yang memimpin di masa depan.

BAB III
RENCANA PEMBIAYAAN

Selama program berlangsung, biaya akan ditanggung oleh pihak panitia penyele nggara. Akan tetapi mahasiswa mengalami kendala dalam proses pendanaan keberangkatan ke lokasi dan dana registrasi peserta.
 dan dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 1.930.000  ( Satu Juta Sembilan ratus tiga puluh ribu rupiah) dengan rincian sebagai berikut :
NO
HAL
Waktu
HARGA
JUMLAH
TOTAL
1
Tiket Pesawat Pergi
( Banda Aceh – Medan )
13.30 – 17.10
Rp. 917.000
1
Rp. 917.000
2
Tiket Pesawat Pulang
(Medan – Banda Aceh )
20.25 – 21.30
Rp. 363.000
1
Rp. 363.000
3
Biaya Registrasi peserta
09.00
Rp. 450.000
1
Rp. 450.000
4
Biaya transportasi tiba
dari bandara ke lokasi Tujuan
17.10
Rp. 100.000
1
Rp. 100.000
5
Biaya Transportasi Pulang
dari lokasi acara ke bandara
16.00
Rp. 100.000
1
Rp. 100.000
TOTAL
Rp. 1.930.000

Terbilang : Satu Juta sembilan ratus tiga puluh ribu rupiah

BAB IV
PENUTUP

Selama program peserta akan terlibat dalam aktivitas kepemudaan, pengembangan masyarakat, diskusi, work placement, kegiatan-kegiatan sosial dan pengabdian pada masyarakat daerah . Keberhasilan mahasiswa, dalam mengemban misi program Alliance Youth Leader (AYL) 2016, ini tentunya tidak lepas dari peran berbagai pihak. Kegiatan ini memerlukan dukungan baik dari segi persiapan maupun dana. Untuk itu kami berharap bisa mendapatkan dukungan tersebut agar kegiatan ini dapat terlaksana tanpa mengalami kendala dan pada akhirnya dapat memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat, universitas, daerah, dan negara tercinta, Indonesia.


                               DOWNLOAD PROPOSAL
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Desi Astuti
admin
March 24, 2019 at 7:31 AM ×

aslamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dalam Program Hibah Uang Gaib hidupnya kembali sukses.

awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.danagaib.xtgem.com semua petunjuknya saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih saya tidak akan melupakan jasa ini.

jika kalian ingin seperti saya, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan kunjungi website www.danagaib.xtgem.com atau KLIK DISINI













































































































































































































































Congrats bro Desi Astuti you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment