CONTOH PROPOSAL KEWIRAUSAHAN







PROPOSAL KEWIRAUSAHAN
Usaha minuman dari paduan kopi gayo,  mocca dan buah segar serta cincau

Judul :
“ GAYO-MOCCANO

Oleh :

Khadijah
1205106010027




PROGRAM STUDI TEHNIK PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSALAM, BANDA ACEH
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat allah swt, yang telah memberikan kesempatanya dalam menyelesaikan proposal kewirausahaan ini, proposal ini di buat berdasarkan keinginan dari penulis yang mencintai dunia bisnis, dan juga sebagai salah satu tugas dari dosen pembimbing mata kuliah kewirausahaan di program studi tehnik pertanian unsyiah.
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan proposal ini masiih terdapat kekurangan baik dalam bentuk tulisan, isi, informasi, maupun dalam bentuk penyajiannya. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik serta saran dari teman-teman semua guna mendukung agar proposal yang penulis buat dapat lebih baik lagi dikemudian hari. Aamiinnn...


Penulis,


KHADIJAH






BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Keadaan perekonomian yang tidak pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi  dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga penagangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga diperlukan tempat-tempat yang begitu tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Apalagi Banda Aceh salah satu Bisnis yang stratesis untuk Bisnis Caffe. Dimana Pendapatan Asli Daerah Banda Aceh Lebih besar Di Warung Kopi atau Cafe Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFFE  seperti apa yang diinginkan pelanggan. Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk menikmati suasana caffe tersebut.
Judul serta konsep di pilih berdasarkan kesukaan dan selera anak muda yang semakin tinggi terhadap minuman dengan paduan mocca yang biasa di sajikan serta kualitas kopi aceh yang semakin menggoyang lidah dunia, maka sangat di sayangkan jika kita hanya dapat menjual produk mentah saja tanpa ada pengolahan menjadi sesuatu yang unik. Maka dari itu saya berfikir untuk memadukan antara kopi gayo berkualitas dengan paduan mocca serta buah segar dan serutan cincau di dalamnya.
Dengan berbagai kelebihan cafe ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan cafe yang berbeda, karena cafe ini mempunyai standart recipes dalam setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini sangat relatif terjangkau. Kemudian tata ruang caffe ini dibangun gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut modern. Di caffe ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung dapat memilihnya. Desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.

1.2. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan kafe ini secara garis besar sama dengan kafe-kafe lainnya yaitu Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat keuntungan, Pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama di kalangan ibu rumah tangga, dan di antara mahasiswa atau siswa yang membutuhkan pekerjaan sempingan untuk melanjutkan studi, serta membangun citra konsumen tentang pentingnya mencintai produk lokal.





BAB  II
PELAKSANAAN KEGIATAN USAHA

1.1.NAMA BISNIS
“GAYO-MOCCANO”
             Nama ini dipilih berdasarkan paduan antara kopi dan mocca ala indonesia sehingga jadilah gayo-moccano, kata gayo bermakna kopi yang kami pakai asli berasal dari gayo dengan kualitas yang terjamin. Sedangkan kata mocca di ambil karna kopi ini merupakan paduan antara kopi dan mocca. Saya memilih mocca karna keharumannya yang menggoda, membuat siapapun ingin mencobanya.

1.2. STRUKTUR ORGANISASI
Pemilik                                    : Khadijah
Bagian Keuangan                    : Sari Rahmawati
Kasir ( Wkl Keu )                    : Nurul Husna
                                                : Wahyu
Bagian Pemasaran                   : Reza
 : Mawar
Karyawan                                : Kido
                                                : Lisa
: Umi
: Faza


1.3. PEMILIHAN LOKASI USAHA, PERIZINAN, DAN PRODUK
A.    Pemilihan lokasi usaha
Lokasi pemasaran(Kafe) ini sangat strategis karna berada di daerah ulee lheu, lokasi ini merupakan lokasi dengan pengunjung terbanyak per harinya. Selain itu tempat ini juga salah satu tempat yang paling nyaman untuk bersantai sambil menikmati kopi , karna lokasinya berada di bibir pantai  dekat dengan pelabuhan. Di tempat ini kita juga dapat menikmati sunset setiap harinya jika cuaca mendukung , tentu hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Kafe ini juga menyediakan tempat untuk party, kumpul bareng dan lain-lain. Dengan konsep outdoor ataupun indoor.
B.     Perizinan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ). Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP ) untuk diajukan ke dinas perizinan, baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.
C.     Produk
Semua produk makanan dan minuman yang tersedia di caffe ini memprioritaskan kesehatan. Dimana bahanyapun terdiri dari kopi berkualitas, mocca dan buah-buahan segar, Serta cincau yang dipesan khusus dan digunakan pada hari yang sama dengan hari pembelianya, sehingga kualitas dan kesegaran dan keharumanya masih terjaga dengan baik.
D.    Aspek pemasaran
1.      Produk yang dijual
Menjual berbagai aneka makanan dan minuman, semua makanan ataupun minuman terjamin bersih, jauh dari bahan yang berbahaya/zat kimia, tidak menggunakan pemanis buatan, tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna  sehingga saat disantap akan dinikmati dengan puas
2.      Sasaran pembeli
Sasaran pembeli kami umum untuk semua kalangan, karna banyak pilihan susana dan desainnya, sehingga pembeli dapat memilih suasana yang dinginkan dengan harga yang terjangkau.

1.4.   STRATEGI PEMASARAN
Saat acara opening kafe, kafe ini akan dibuka untuk umum dengan menawarkan semua jenis minuman dan makanan yang tersedia secara gratis, sambil memampangkan harga-harga product pada sebuah brosur, hal ini dilakukan   agar pengunjung dapat mengtahui bahwa produk kami dapat di jangkau oleh semua kalangan sehingga mereka akan terpikat lalu jatuh cinta dengan product kami, karna yang kami inginkan product-product kami selalu melekat tidak hanya dilidah tetapi juga di hati para pengunjung.
Kami juga melakukan promosi baik dengan brosur maupun online melalui internet, Selain penghematan biaya juga memiliki kesempatan luas untuk mempromosikan produk. Dengan kualiats produk yang terjamin,lokasi yang strategis, kualitas pelayanan, harga produk yang bersaing, dan juga kami juga terima layanan pesan-antar dengan kualitas dan sensasi yang sama seperti datang langsung kelokasi.



BAB .III
PERHITUNGAN HARGA, PERKIRAAN HARGA DAN CARA PEMBAYARAN

3.1.  PERHITUNGAN HARGA JUAL UNTUK PRODUK
Minuman :     black cofe                               Rp. 15.000,00
                        coffe mocca                           Rp. 18.000,00
                        coffe lattEe                             Rp. 17.000,00
                        coffe moccanolate                  Rp. 19.000,00
                        tropical drink                         Rp. 22.000,00
                        Jus buah fla mocca                Rp. 12.000,00
                        Jus coffelate                            Rp. 10.000,00
                        Ice creamoccano                     Rp. 15.000,00
                        Milk shake coffe                      Rp. 17.000,00
                        Avocado float cofee                Rp. 20.000,00

Makanan :      Coklat buah steamboat         Rp. 25.000,00
                        Fruit salad                              Rp. 19.000,00
Sandwich                               Rp. 21.000,00
                        Beff sosis                                Rp. 15.000,00



3.2.  Pekiraan harga bahan baku(biaya tidak tetap)
          Mocca                                                                         Rp.        600.000,00
Buah                                                                          Rp.        300.000,00
            Susu                                                                            Rp.        130.000,00
Kopi                                                                           Rp.        400.000,00
Cream                                                                        Rp.          75.000,00
Coklat                                                                         Rp.        250.000,00
Gula                                                                            Rp.        100.000,00
Sirup                                                                           Rp.        210.000,00
Daging                                                                        Rp.        350.000,00
Keju                                                                            Rp.        175.000,00
Mentega                                                                     Rp.          50.000,00

Bumbu (bawang putih, bawang merah,
 cabe, kemiri, jahe, mrica, lada, garam,
 gula ,merah, sereh, vetsin, air santan, air kaldu)                     Rp.        300.000,00
                                   
 Total                                                                           :            Rp. 3.250.000,00

3.3.  PERKIRAAN PERINCIAN BIAYA MODAL ASET, INVENTARIS  SERTA ALAT DAN MESIN
  • Tanah dan Bangunan Toko 2 Pintu + halaman, Ukuran 20×50 M dan 20 x 40 M                                                                 Rp. 2.000.000.000,00
  • Sopa 2 set                                                                                                                                                                                              Rp.   25.000.000,00
  • Meja 20                                                                                                                                                                                                 Rp.   20.000.000,00
  • Kursi 80                                                                                                                                                                                                 Rp. 100.000.000,00
  • Kursi putar 6                                                                                                                                                                                           Rp.   12.000.000,00
  • Mesin Coffe 2 set                                                                                                                                                                                   Rp.   38.000.000,00
  • Barang Pecah Belah seperti Piring, gelas                       
   Rp.    30.000.000,00
  • Pemasak Burger dan Rotibakar                                                            
    Rp.     5.000.000,00
  • Lemari & Meja Kasir 1 Set                                                                          
                                                                                       Rp.   10.000.000,00
  • Peralatan Dapur                                                                                               
                Rp.   20.000.000,00
  • Reparasi Toko                                                                                                                                                                                         Rp.   48.000.000,00
  • AC 3 Buah                                                                                                                                                                                                         Rp.   10.000.000,00
  • TV 2 Buah Untuk Nonton (lengkap Parabola)                         
   Rp.   30.000.000,00 

    Total    :                                                                                                                                                                                                                  Rp. 2.248.000.000,00
 BIAYA TETAP
Gaji pegawai                                                                                  Rp. 9.000.000,00
Perawatan peralatan                                                                        Rp. 850.000,00
Penyusutan alat listrik dan telephone                                            Rp. 1.000.000,00
Air                                                                                                     Rp. 150.000,00
Wifi (jaringan Internet)                                                                     Rp.500.000,00
Tranformasi                                                                                       Rp. 500.000,00
                                        
Total                                                                                     :      Rp. 12.000.000,00 

 Jadi, total biaya keseluruhan
Biaya tidak tetap di tambah Biaya Asset di tambah biaya tetap : Rp. 3.250.000,00 + Rp. 2.248.000.000,00 + Rp. 12.000.000,00 = Rp. 2.852.000.000,00

3.4. PERHITUNGAN PENJUALAN DAN LABA RUGI
A.    Omset makanan
Q1/hari = 70porsi
Q1/4bln= 70 porsi x (30hari kerja x 4) = 8400 porsi/4 bulan
·         TR1 = P. Q1                                        p = harga rata-rata makanan
        = 20.000 x 8400 porsi
        = Rp. 168.000.000

b. Omset Minuman
Q2/hari = 70 gelas/hari
Q2/4bln = 70 gelas x (30 hari kerja x 4bl) = 8.400 gelas/4bulan

TR2  = P.Q2                                                    p = harga minuman rata2
                     = 16.500 x 8.400 gelas/ 4 bulan
                     = RP.138.600.000
c.  Laba Rugi Mocha dan Minuman
                   TC = biaya tetap + (Q1 + Q2) x biaya produksi
                        = 12.000.000 + (8.400 +8.400  ) (3.250.000)
                        =  Rp. 66.600.000

Laba    = (TR1+ TR2) – TC
            = (168.000.000+138.600.000)  – 66.600.000
            = Rp. 240.000.000 (EAT/laba bersih per bulan)


Payback Period = 2.852.000.000 : 240.000.000  = 11,88  < 1 tahun.

3.5   Sistem pembayaran
Pengunjung dapat membayar dengan tunai ataupun dengan kartu kredit. Jika terjadi pembelian secara besar-besaran misalkan untuk sebuah acara seperti pesta caffe ini memberikan discount kepada pembeli tersebut karena caffe ini juga menerima pesan antar dengan begitu perputaran uang akan lebih cepat dan mudah mendapatkan keuntungan.







Previous
Next Post »
Thanks for your comment