Beasiswa Kuliah ke Turki



Salah satu beasiswa luar negeri yang dapat diikuti untuk jenjang Sarjana maupun Pascasarjana dan dibuka setiap tahunnya adalah Beasiswa Pemerintah Turki. Beasiswa Pemerintah Turki atau YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı)

 Berikut adalah pengalaman kawan saya dan persyaratannya:

- Kamu kuliah di Turki dapet beasiswa apa ? Dari mana beasiswa itu ?
Beasiswa Turkiye burlari. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı (YTB) atau Repbulic of Turkiye Prime Ministry Presidency Turks Aboard and Related Communities.

- Apakah hanya untuk program S1 (Undergraduated) ?
TIDAK. Berikut rincian jenis Turkiye Scholarships :
A. Bachelor Degree
Türkiye Bursları/ Turkey Scholarships untuk bachelor degree dibagi dalam dua program, yaitu:
1. Bosphorus Undergraduate Scholarship Program
Bosphorus Undergraduate Scholarship Program adalah program beasiswa Sarjana Strata 1 yang ditujukan bagi pelamar beasiswa (mahasiswa internasional) yang akan mendaftar ke Universitas di Turki dengan semua pilihan program studi selain kedokteran, jurusan agama, dan juga jurusan sastra dan bahasa turki. Program beasiswa yang diperuntukkan bagi bachelor degree ini biasanya dibuka setiap bulan April.

2. Anatolian Undergraduate Scholarship Program
Anatolian Undergraduate Scholarship Program merupakan program beasiswa Sarjana Strata 1 yang ditujukan bagi pelamar beasiswa (mahasiswa internasional) yang akan mendaftar ke Universitas di Turki dengan pilihan program studi kedokteran, jurusan agama, dan juga jurusan sastra dan bahasa turki. Program beasiswa yang diperuntukkan bagi bachelor degree ini biasanya dibuka setiap bulan April.

B. Master dan PhD Degree
Untuk program beasiswa postgraduate juga terbagi atas dua jenis program, yaitu:
1. Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship
Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship adalahprogram beasiswa postgraduate bagi mahasiswa internasional yang akan mendaftar ke Universitas di Turki dengan pilihan program studi di bidang science, engineering dan technology. Program beasiswa ini biasanya dibuka setiap bulan Maret.
2. İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship
İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship adalah program beasiswa yang didesain untuk mahasiswa internasional untuk melanjutkan program postgraduate di Universitas Turki dengan pilihan program studi di bidang social science. Program beasiswa ini biasanya dibuka setiap bulan Maret.

C. Program Aplikasi Jurusan Tertentu
Selain program beasiswa untuk sarjana dan postgraduate, Türkiye Bursları/ TurkeyScholarships juga memiliki program untuk aplikasi tertentu. Program ini terbagi dalam 3 jenis, yaitu:
1. İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program
İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program ini ditujukan untuk calon mahasiswa internasional yang akan melanjutkan sekolah di bidang kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, dan juga kedokteran hewan. Program beasiswa ini ditujukan untuk jenjang Associate, Undergraduate, Master dan PhD degree.
2. Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program
Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program ditujukan untuk calon mahasiswa internasional yang berminat mempelajari bahasa Turki. Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa bachelor, master dan PhD Degree.
3. Islamic Studies Scholarship Program
Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program lebih ditujukan kepada mahasiswa internasioanl yang ingin menempuh studi di bidang agama. Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa bachelor, master dan PhD Degree.

- Bagaimana masalah biaya hidup selama di Turki ?
Beasiswa ini adalah beasiswa full, selain perkuliahan, biaya hidup juga ditanggung. Berikut rincian beasiswa yang didapatkan :
1. Uang saku perbulan sebesar 250 USD/ bulan untuk s1, 360 USD/ bulan untuk s2, 500 USD / bulan untuk s3 , 900 USD/ bulan untuk research student
2. Tinggal di asrama pemerintah/swasta secara gratis, penjelasan mengenai asrama, saya akan menjelaskan mengenai asrama pemerintah yang ada di Gebze, Kocaeli dikarenakan mungkin terdapat sedikit perbedaan. Didalamnya dilengkapi fasilitas wi-fi 24 jam, kantin, ruang belajar tersendiri, tempat bermain, fasilitas berolahraga (gym, bulutangkis,tenis meja), ruang mencuci pakaian + setrika, kamar berkisar 1-3 orang, ruang menonton tv, dan dispenser air panas.
atau bagi yg ingin menyewa rewa rumah atau apartemen juga bisa tapi tidak di cover oleh beasiswa smile emoticonbisa menggunakan uang saku yg ada, sewa rumah atau apartemen di Turki tergantung daerah dan fasilitas rumah atau apartemen tersebut.
3. Makan pagi dan malam (jika tinggal di asrama pemerintah)
4. Tiket keberangkatan dan tiket saat nanti telah menyelesaikan kuliah di Turki
5. Kursus Bahasa Turki selama setahun

-Apa saja tahap seleksi nya ?
Seleksi Administrasi
Dalam seleksi ini, proses pendaftaran hingga pengumuman kelulusan dan pemanggilan ke tahap berikutnya melalui online
Seleksi WawancaraSetelah pelamar melewati proses seleksi administrasi, jika lolos, maka YTB akan mengirimkan pengumuman kelulusan melalui email pelamar. Jeda antara deadline pendaftaran online dengan pengumuman kelulusan dan pemanggilan wawancara biasanya lebih kurang dua bulan. Wawancara dilakukan di masing-masing negara pelamar, di Kantor Kedutaan Besar Turki negara tersebut. Namun, jika pelamar yang lolos ke tahap berjumlah sedikit atau tidak adanya kantor kedutaan atau konsulat di negara tersebut, maka wawancara akan dilakukan menggunakan alat komunikasi. Selain itu jika pelamar yang lolos wawancara sudah berada di Turki dapat melakukan wawancara di kantor YTB.

- Bagaimana cara seleksi administrasi ?
masuk ke salah satu web turkiye burslari
www.turkiyeburslari.org
www.trscholarships.org
www.turkiyeburslari.gov.tr.
Sign up
Aktivasi akun dari emailmu
Buka kembali web turkiye burslari, log-in
Isi formulirnya
Isi essay
Masukan universitas dan jurusan yang diinginkan, dengan ketentuan :
- jumlah universitas di kota besar (Ankara, Istanbul, Izmir) tidak lebih dari 6 dari 12 pilihan
- 12 pilihan harus diisi semua
- Upload scanned dokumen dokumen administrasi
Double Check informasi yang telah diberikan
Klik submit !
- Bagaimana seleksi wawancara nya ?
Datang ke Kedutaan Turki pada waktu yang telah ditetapkan, menunggu di lobby bersama para kandidat lainnya, dipanggil satu persatu kesebuah ruangan yang didalamnya terdapat 3-4 orang (waktu saya wawancara 2014 terdapat 3 interviewers orang turki semua), seleksi wawancara menggunakan bahasa Inggris, dengan durasi waktu 10-20 menit (tergantung antusias interviewer nya), pertanyaan seputar aplikasi ketika mendaftar secara online.

- Apakah beasiswa ini bersifat mengikat ?
TIDAK. Namun para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya, diharapkan kembali ke negara nya masing-masing.

- Apa saja yang harus di persiapkan untuk mendaftar ?
Rapor
Ijazah
Softcopy foto
Kartu Identitas yang valid (bisa paspor, ktp, atau akte kelahiran)
iBT TOEFL, IELTS, TOMER *opsional, jika ada maka akan bisa menjadi nilai tambah*
Reccomendation Letter *opsional, bisa meminta langsung dari kepala sekolah atau membuat sendiri dengan persetujuan terlebih dahulu dan kemudian ditandatangani kepala sekolah*
Sertifikat Kejuaran *opsional, jika melampirkan pernah memenangkan lomba pada formulir, dan tentu bisa menjadi nilai plus*
- Apakah ada syarat IPK yang harus dipenuhi selama kuliah?
Iya. Di setiap akhir tahun ajaran, IPK harus mencapai sekurang-kurangnya 60%. Jika mendapat nilai dibawah itu, akan ada sanksi sesuai dengan kontrak beasiswa yang telah ditanda tangani.

- Saya sekarang belum memiliki sertifikat iBT TOEFL/ IELTS namun saya ingin mengikuti perkuliahan dalam bahasa Inggris. Apa yang harus saya lakukan?
Memiliki salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris bukanlah merupakan suatu keharusan saat mendaftar. Tapi alangkah lebih baik jika sudah memiliki, karena sertifikat ini juga bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa yang lainnya. Selain itu, menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang telah memenuhi persyaratan kampus tujuanmu bisa memperkuat posisimu dihadapan tim penyeleksi beasiswa, juga mempermudahmu ketika nanti mengurus proses daftar ulang ke universitas. Karena jika tidak memiliki sertifikat IELTS/ iBT TOEFL, maka harus mengikuti English Placement Test yang jadwalnya mungkin saja sudah lewat ketika kamu tiba disana. Atau, kamu bisa memilih untuk mengikuti kelas persiapan bahasa Inggris selama setahun.

- Berapa orang biasanya yang diterima ?
Pada tahun 2014 yang mengikuti seleksi ada 88000 peserta dan total yang diterima 4000 peserta. Total penerima beasiswa S1+S3+S3 tahun 2014 dari Indonesia sendiri sekitar 59 orang, 35 diantaranya adalah S1.

- Saya akan mengikuti UN tahun ini. Ijazah dan SKHUN saya kemungkinan besar belum jadi saat pendaftaran beasiswa ini berakhir. Bagaimana solusinya?
Jangan khawatir, kamu tetap bisa mendaftar. Tetap persiapkan segala berkas yang diperlukan namun mendaftarlah disaat pengumuman kelulusan sudah ada. Khusus untuk SKHUN dan Ijazah yang belum jadi, bisa digantikan dengan Surat Keterangan Lulus dan Daftar Nilai hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.

- Kalau kuliah di turki bahasa pengantarnya apa ya ?
Tergantung univeristas dan jurusan masing2, ada universitas yg 100 % english, ada yg 70 % turkish 30 % english, ada yg 100 % turkish

- Dimana saya bisa melihat daftar universitas dan jurusan yg di cover oleh beasiswa ?
Teman-teman bisa membuka website resmi Turkiye Burslari, karena di sana sudah lengkap semua informasinya, untuk daftar universitas teman2 bisa merujuk ke link berikut
http://www.turkiyeburslari.gov.tr/…/turkiye-b…/universiteler
untuk jurusan yg ada teman2 bisa memuka link web univ yg ada di daftar tersebut. dan bisa juga dengan melihat di
http://turkiyeburslari.gov.tr/2014_Katalog/2014_Katalog/#50

Persyaratan:
Program sarjana:
1.             Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang berkewarganegaraan Turki sebelumnya tidak dapat mendaftar)
2.             Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar
3.             Telah lulus atau bakal lulus dari SLTA
4.             Berusia di bawah 21 tahun (lahir setelah 01-01-1995)
5.             Memperoleh setidaknya (nilai) yang ditentukan (90 persen untuk ilmu kedokteran, 70 persen untuk program sarjana lainnya) nilai rata-rata, nilai ijazah, nilai ujian nasional atau ujian internasional.
6.             Memiliki kesehatan yang baik

Program pascasarjana:
1.             Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang berkewarganegaraan Turki sebelumnya tidak dapat mendaftar)
2.             Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar
3.             Meraih gelar sarjana atau master paling lambat 30 Juli 2016
4.             Berusia di bawah 30 tahun untuk program master (lahir tidak lebih awal dari 01-01-1986)
5.             Berusia di bawah 35 tahun untuk program doktor (lahir tidak lebih awal dari 01-01-1981)
6.             Memperoleh IPK setidaknya 75 persen
7.             Memiliki kesehatan yang baik

Dokumen aplikasi:
Program sarjana:
1.     Aplikasi online
2.     Salinan ijazah SLTA atau dokumen yang menjelaskan bahwa calon merupakan siswa tingkat akhir
3.     Salinan transkrip nilai SLTA
4.     Salinan identitas diri yang sah (paspor, KTP, atau akte kelahiran)
5.     Foto ukuran paspor

Program pascasarjana:
1.     Aplikasi online
2. Salinan ijazah sarjana atau master atau dokumen yang menjelaskan bahwa kandidat merupakan mahasiswa sarjana/master tingkat akhir
3. Salinan transkrip nilai sarjana atau master
4. Salinan identitas diri yang sah (paspor, KTP, atau akte kelahiran)
5. Foto ukuran paspor

Pendaftaran:
Pengajuan Beasiswa Pemerintah Turki 2016 dilakukan secara online melalui laman Türkiye Scholarships:
http://www.turkiyeburslari.gov.tr/index.php/en/

Buatlah akun terlebih dahulu melalui laman tersebut pada bagian “Apply Now”. Isi formulir registrasi, kemudian periksa email untuk aktivasi. Selanjutnya Anda sudah bisa log in kemudian mengajukan aplikasi online berdasarkan dokumen aplikasi yang diminta.
Perlu diperhatikan, sebaiknya sebelum mendaftar Anda terlebih dahulu menemukan jurusan dan perguruan tinggi yang tepat untuk studi. Silakan dilihat di kolom yang tersedia.


Sekian.
Semoga Bermanfaat ! Sukses buat kita semua ! Semoga kalian dipermudah dalam segala seleksi, lulus di Universitas dan Jurusan yang terbaik menurut-Nya. Semangat !!


Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
Unknown
admin
December 22, 2016 at 11:27 PM ×

Assalamuallaikum, Saya mahasiswa semester 6. apakah bisa transfer transkrip untuk melanjutkan S1?

Reply
avatar
Unknown
admin
December 22, 2016 at 11:29 PM ×

Assalamuallaikum, Saya mahasiswa semester 6. apakah bisa transfer transkrip untuk melanjutkan S1?

Reply
avatar
zikrullah21
admin
December 23, 2016 at 2:31 AM ×

waalaikumsala, mengenai itu sepertinya tidak bisa tamara, anda mesti mengulangi dari semester awal, karena mata kuliah yang tamara ambil di universitas tamara sama di turki berbeda, kecuali tamara ambil kelas internasional, dan merujuk pada universitas yang membuka kelas internasional

namun alangkah baiknya, tamara selesaikan aja dulu kuliah nya, ntar baru s2 nya ke turki, karena tamara udah setengah jalan di sini, jadi ntar rugi usia yg telah dilalui sebelumnya

Reply
avatar
Unknown
admin
December 23, 2016 at 2:53 AM ×

terima kasih sarannya.. mungkin ada rekomendasi atau info apakah kampus2 di turki mengadakan summer course atau winter course? kalau iya apa ada scholarship nya..

Reply
avatar
zikrullah21
admin
December 24, 2016 at 4:31 PM ×

ok tamara, mengenai summer or winter course itu tergantung universitasnya, namun kalo ke turki sudah agak jarang nie, karena sedang dalam masa2 kritis saat ini...tpi bisa coba buka link ini,, disini tersedia acara2 youth program semua... http://viid.me/qtlKer

Reply
avatar
Unknown
admin
September 17, 2020 at 5:49 PM ×

Assalamualaikum apakah bisa masuk kuliah di turky dengan beasiswa seperti hafalan alquran dan hafalan kitab kitab lainnya

Reply
avatar
Thanks for your comment