PROPOSAL
KEWIRAUSAHAN
Usaha
minuman dari paduan kopi gayo, mocca dan
buah segar serta cincau
Judul
:
“
GAYO-MOCCANO ”
Oleh
:
Khadijah
1205106010027
PROGRAM
STUDI TEHNIK PERTANIAN
FAKULTAS
PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSALAM,
BANDA ACEH
2014
KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat allah swt, yang telah memberikan kesempatanya
dalam menyelesaikan proposal kewirausahaan ini, proposal ini di buat
berdasarkan keinginan dari penulis yang mencintai dunia bisnis, dan juga
sebagai salah satu tugas dari dosen pembimbing mata kuliah kewirausahaan di
program studi tehnik pertanian unsyiah.
Penulis
menyadari bahwa dalam pembuatan proposal ini masiih terdapat kekurangan baik
dalam bentuk tulisan, isi, informasi, maupun dalam bentuk penyajiannya. Oleh
karena itu penulis sangat mengharapkan kritik serta saran dari teman-teman
semua guna mendukung agar proposal yang penulis buat dapat lebih baik lagi
dikemudian hari. Aamiinnn...
Penulis,
KHADIJAH
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Keadaan
perekonomian yang tidak pasti di negara berkembang seperti Indonesia ini
membuat mata pencaharian masyarakat tidak stabil sehingga memaksa masyarakat
untuk lebih kreatif lagi dalam membuka lapangan usaha atau membuka usaha
sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga penagangguran tidak terlalu
meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju dimana masyarakat seperti
kurang waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Kesibukan aktivitas yang
begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk berfikir lebih jernih
dan tenang. Sehingga diperlukan tempat-tempat yang begitu tenang dan nyaman
untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka. Apalagi Banda Aceh
salah satu Bisnis yang stratesis untuk Bisnis Caffe. Dimana Pendapatan Asli Daerah
Banda Aceh Lebih besar Di Warung Kopi atau Cafe Sehingga muncullah sebuah ide
saya untuk mendirikan sebuah CAFFE seperti apa yang diinginkan pelanggan.
Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep perpaduan antara klasik dan modern
sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan antara klasik dan modern diharapkan
dapat memberikan suasana yang baru dan menarik perhatian pelanggan untuk
menikmati suasana caffe tersebut.
Judul
serta konsep di pilih berdasarkan kesukaan dan selera anak muda yang semakin
tinggi terhadap minuman dengan paduan mocca yang biasa di sajikan serta
kualitas kopi aceh yang semakin menggoyang lidah dunia, maka sangat di
sayangkan jika kita hanya dapat menjual produk mentah saja tanpa ada pengolahan
menjadi sesuatu yang unik. Maka dari itu saya berfikir untuk memadukan antara
kopi gayo berkualitas dengan paduan mocca serta buah segar dan serutan cincau
di dalamnya.
Dengan
berbagai kelebihan cafe ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat
menikmati suasana yang menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan
menu-menu yang akan Anda nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama
bila diolah oleh karyawan cafe yang berbeda, karena cafe ini mempunyai standart
recipes dalam setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai
hidangan lezat yang variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam
karena menu-menu ini sangat relatif terjangkau. Kemudian tata ruang caffe ini
dibangun gaya kuno dengan perpaduan beberapa sudut modern. Di caffe ini
terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung dapat
memilihnya. Desainnya yang minimalis, tampak dari sofa dan beberapa bangku
biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas tradisonal modern. Dengan
demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan inovatif dapat menciptakan
peluang usaha yang baru.
1.2.
Tujuan
Adapun
tujuan dari pembuatan kafe ini secara garis besar sama dengan kafe-kafe lainnya
yaitu Sebagai sarana pengelolaan modal sumber daya yang bertujuan untuk membuat
keuntungan, Pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitarnya, terutama
di kalangan ibu rumah tangga, dan di antara mahasiswa atau siswa yang
membutuhkan pekerjaan sempingan untuk melanjutkan studi, serta membangun citra
konsumen tentang pentingnya mencintai produk lokal.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN USAHA
PELAKSANAAN KEGIATAN USAHA
1.1.NAMA
BISNIS
“GAYO-MOCCANO”
Nama ini dipilih berdasarkan paduan antara
kopi dan mocca ala indonesia sehingga jadilah gayo-moccano, kata gayo bermakna
kopi yang kami pakai asli berasal dari gayo dengan kualitas yang terjamin.
Sedangkan kata mocca di ambil karna kopi ini merupakan paduan antara kopi dan
mocca. Saya memilih mocca karna keharumannya yang menggoda, membuat siapapun
ingin mencobanya.
1.2.
STRUKTUR
ORGANISASI
Pemilik
: KhadijahBagian Keuangan : Sari Rahmawati
Kasir ( Wkl Keu ) : Nurul Husna
: Wahyu
Bagian Pemasaran : Reza
: Mawar
Karyawan : Kido : Lisa
: Umi
: Faza
1.3. PEMILIHAN LOKASI USAHA, PERIZINAN, DAN PRODUK
A.
Pemilihan lokasi usaha
Lokasi pemasaran(Kafe)
ini sangat strategis karna berada di daerah ulee lheu, lokasi ini merupakan
lokasi dengan pengunjung terbanyak per harinya. Selain itu tempat ini juga
salah satu tempat yang paling nyaman untuk bersantai sambil menikmati kopi ,
karna lokasinya berada di bibir pantai
dekat dengan pelabuhan. Di tempat ini kita juga dapat menikmati sunset
setiap harinya jika cuaca mendukung , tentu hal ini juga menjadi daya tarik
tersendiri bagi pengunjung. Kafe ini juga menyediakan tempat untuk party,
kumpul bareng dan lain-lain. Dengan konsep outdoor ataupun indoor.
B. Perizinan
Hal pertama
yang harus dilakukan adalah mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ).
Selanjutnya, lengkapi dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP ) untuk
diajukan ke dinas perizinan, baik di kecamatan, kabupaten maupun provinsi.
C.
Produk
Semua produk makanan dan minuman
yang tersedia di caffe ini memprioritaskan kesehatan. Dimana bahanyapun terdiri
dari kopi berkualitas, mocca dan buah-buahan segar, Serta cincau yang dipesan
khusus dan digunakan pada hari yang sama dengan hari pembelianya, sehingga
kualitas dan kesegaran dan keharumanya masih terjaga dengan baik.
D. Aspek pemasaran
1. Produk yang dijual
Menjual
berbagai aneka makanan dan minuman, semua makanan ataupun minuman terjamin
bersih, jauh dari bahan yang berbahaya/zat kimia, tidak menggunakan pemanis
buatan, tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna sehingga saat
disantap akan dinikmati dengan puas
2. Sasaran
pembeli
Sasaran pembeli
kami umum untuk semua kalangan, karna banyak pilihan susana dan desainnya,
sehingga pembeli dapat memilih suasana yang dinginkan dengan harga yang
terjangkau.
1.4. STRATEGI PEMASARAN
Saat acara
opening kafe, kafe ini akan dibuka untuk umum dengan menawarkan semua jenis
minuman dan makanan yang tersedia secara gratis, sambil memampangkan
harga-harga product pada sebuah brosur, hal ini dilakukan agar
pengunjung dapat mengtahui bahwa produk kami dapat di jangkau oleh semua
kalangan sehingga mereka akan terpikat lalu jatuh cinta dengan product kami,
karna yang kami inginkan product-product kami selalu melekat tidak hanya
dilidah tetapi juga di hati para pengunjung.
Kami juga
melakukan promosi baik dengan brosur maupun online melalui internet, Selain
penghematan biaya juga memiliki kesempatan luas untuk mempromosikan produk.
Dengan kualiats produk yang terjamin,lokasi yang strategis, kualitas pelayanan,
harga produk yang bersaing, dan juga kami juga terima layanan pesan-antar
dengan kualitas dan sensasi yang sama seperti datang langsung kelokasi.
BAB .III
PERHITUNGAN HARGA, PERKIRAAN HARGA DAN CARA
PEMBAYARAN
Minuman : black cofe Rp. 15.000,00
coffe mocca Rp. 18.000,00
coffe lattEe Rp. 17.000,00
coffe moccanolate Rp. 19.000,00
tropical drink Rp. 22.000,00
Jus buah fla mocca Rp. 12.000,00
Jus coffelate Rp. 10.000,00
Ice creamoccano Rp. 15.000,00
Milk shake coffe Rp. 17.000,00
Avocado float cofee Rp. 20.000,00
Makanan : Coklat buah steamboat Rp. 25.000,00
Fruit salad Rp. 19.000,00
Sandwich
Rp. 21.000,00
Beff sosis
Rp. 15.000,003.2. Pekiraan harga bahan baku(biaya tidak tetap)
Mocca Rp. 600.000,00
Buah
Rp.
300.000,00
Susu
Rp. 130.000,00
Kopi
Rp.
400.000,00
Cream
Rp. 75.000,00
Coklat
Rp. 250.000,00
Gula
Rp. 100.000,00
Sirup
Rp. 210.000,00
Daging
Rp. 350.000,00
Keju
Rp.
175.000,00
Mentega
Rp. 50.000,00
Bumbu (bawang putih, bawang merah,
cabe, kemiri, jahe, mrica, lada, garam,
gula ,merah, sereh, vetsin, air santan, air kaldu) Rp. 300.000,00
Total : Rp. 3.250.000,00
3.3. PERKIRAAN
PERINCIAN BIAYA MODAL ASET, INVENTARIS SERTA
ALAT DAN MESIN
- Tanah dan Bangunan Toko 2 Pintu + halaman,
Ukuran 20×50 M dan 20 x 40 M Rp.
2.000.000.000,00
- Sopa 2
set
Rp. 25.000.000,00
- Meja 20
Rp. 20.000.000,00
- Kursi
80
Rp. 100.000.000,00
- Kursi putar 6
Rp. 12.000.000,00
- Mesin Coffe 2
set
Rp. 38.000.000,00
- Barang Pecah Belah seperti Piring,
gelas
Rp. 30.000.000,00
- Pemasak Burger dan
Rotibakar
Rp. 5.000.000,00
- Lemari & Meja Kasir 1
Set
Rp. 10.000.000,00
- Peralatan
Dapur
Rp.
20.000.000,00
- Reparasi
Toko
Rp. 48.000.000,00
- AC 3 Buah
Rp. 10.000.000,00
- TV 2 Buah Untuk Nonton (lengkap
Parabola)
Rp.
30.000.000,00
Total : Rp. 2.248.000.000,00
BIAYA TETAP
Gaji pegawai Rp. 9.000.000,00
Perawatan peralatan Rp. 850.000,00
Penyusutan alat listrik dan telephone Rp. 1.000.000,00
Air Rp. 150.000,00
Wifi (jaringan Internet) Rp.500.000,00
Tranformasi Rp. 500.000,00
Total : Rp. 12.000.000,00
Jadi, total biaya keseluruhan
Biaya tidak tetap di tambah Biaya Asset di tambah biaya tetap : Rp. 3.250.000,00
+ Rp. 2.248.000.000,00 + Rp. 12.000.000,00 = Rp. 2.852.000.000,00
3.4. PERHITUNGAN
PENJUALAN DAN LABA RUGI
A. Omset makanan
Q1/hari = 70porsi
Q1/4bln= 70 porsi x (30hari kerja x 4) = 8400 porsi/4 bulan
Q1/hari = 70porsi
Q1/4bln= 70 porsi x (30hari kerja x 4) = 8400 porsi/4 bulan
·
TR1 = P. Q1 p
= harga rata-rata makanan
= 20.000 x 8400 porsi
= Rp. 168.000.000
= 20.000 x 8400 porsi
= Rp. 168.000.000
b. Omset
Minuman
Q2/hari = 70 gelas/hari
Q2/4bln = 70 gelas x (30 hari kerja x 4bl) = 8.400 gelas/4bulan
Q2/hari = 70 gelas/hari
Q2/4bln = 70 gelas x (30 hari kerja x 4bl) = 8.400 gelas/4bulan
TR2 = P.Q2 p
= harga minuman rata2
= 16.500 x 8.400 gelas/ 4 bulan
= RP.138.600.000
c. Laba Rugi Mocha dan Minuman
TC = biaya tetap + (Q1 + Q2) x biaya produksi
= 12.000.000 + (8.400 +8.400 ) (3.250.000)
= Rp. 66.600.000
= 16.500 x 8.400 gelas/ 4 bulan
= RP.138.600.000
c. Laba Rugi Mocha dan Minuman
TC = biaya tetap + (Q1 + Q2) x biaya produksi
= 12.000.000 + (8.400 +8.400 ) (3.250.000)
= Rp. 66.600.000
Laba = (TR1+ TR2) – TC
= (168.000.000+138.600.000) – 66.600.000
= Rp. 240.000.000 (EAT/laba bersih per bulan)
Payback Period = 2.852.000.000 : 240.000.000 = 11,88 < 1 tahun.
3.5 Sistem pembayaran
Pengunjung
dapat membayar dengan tunai ataupun dengan kartu kredit. Jika terjadi pembelian
secara besar-besaran misalkan untuk sebuah acara seperti pesta caffe ini
memberikan discount kepada pembeli tersebut karena caffe ini juga menerima
pesan antar dengan begitu perputaran uang akan lebih cepat dan mudah
mendapatkan keuntungan.
ConversionConversion EmoticonEmoticon